Berkendara Aman Dengan Menerapkan Defensive Driving

Berkendara Aman Dengan Menerapkan Defensive Driving

Defensive Driving – Sebenarnya keadaan pada jalan raya sangat sulit diprediksi. Terkadang diri kita sudah sangat berhati-hati untuk mengemudikan kendaraan, namun malah ternyata pengemudi lain lah yang lalai mengemudikan kendaraan dan ugal-ugalan dengan tidak memperhatikan rambu-rambu lalu lintas. Untuk itu kesadaran dalam diri masing-masing pengendara perihal berkendara dengan bijak, benar dan aman sangat sangat perlu.

 

3 Langkah Teknik Aman Berkendara Di Jalan Raya

1. Pahami Pergerakan Kendaraan

Mobil akan bergerak atas kemauan pengemudi. Bila ingin melaju maka tekan pedal gas, ketika anda ingin berbelok maka roda kemudi harus Anda putar terlebuh dulu. Pengemudi yang baik wajib mengetahui serta memahami tata cara pergerakan kendaraan termasuk dinamika kendaraan itu sendiri, antara lain ketika hendak melakukan akselerasi, menikung atau mengerem kendaraan. Hal ini untuk memprediksi arah gerak mobil kita ketika mengalami keadaan tersebut.

2. Berhati-Hati Dengan Kondisi Sekitar

Pengemudi haruslah mengarahkan pandangannya jauh ke depan untuk memperkirakan kecepatan serta jarak aman dengan pengemudi yang ada pada depannya. Pandangan ini juga berguna untuk melihat kondisi jalanan yang dilalui sehingga bisa mengantisipasi kemungkinan seperti jalan berlubang atau rintangan lainnya. hindari berasumsi akan gerakan pada kendaraan lain. Anda wajib memastikan bahwa jalur yang akan anda lewati benar-benar baik serta aman sebelum Anda lalui.

3. Hindari Distraksi

Sudah tidak asing bukan dengan kata distraksi? Bagi yang belum tau atau masih asing dengan kata-kata distraksi, distraksi adalah adalah segala aspek gangguan yang mengalihkan pusat perhatian kita kala sedang berkonsentrasi.

Jangan pernah sesekali melakukan kegiatan lain yang mengganggu konsentrasi saat mengemudi, seperti menggunakan ponsel, makan dan minum, mengobrol, mengganti saluran radio, atau mengecek peta. Anda harus fokus pada jalan raya dan lingkungan sekitar. Anda boleh melakukan kegiatan yang sudah disebutkan diatas dengan catatan hal-hal tersebut dilakukan dalam kondisi darurat dan harus menepi terlebih dahulu.

 

Keuntungan Defensive Driving

1. Kenyamanan

Tentunya rasa nyaman dalam berkendara akan sulit kita dapatkan kalau pengendaranya ugal-ugalan. Contohnya berkendara dalam ugal-ugalan yaitu gas-rem-gas-rem, jika berkendara dengan cara seperti itu maka akan jauh dari kata nyaman. Baik untuk si pengendara maupun penumpang yang berada pada mobil misalnya, bahkan untuk kendaraan-kendaraan yang ada di sekelilingnya juga pasti merasa tidak nyaman karena dapat menyebabkan resiko kecelakaan

2. Keselamatan

Dengan memahami seta mengetahui teori- teori dan menerapkannya pada saat berkendara, secara otomatis pengendara mampu mengantisipasi akan adanya resiko dan potensi ancaman kecelakaan. Dan pengendara bisa menutup adanya peluang kecelakaan karena dia bisa mengantisipasi segala kemungkinan dari awal.

3. Ekonomis

Menerapkan defensive driving bukan Cuma akan berdampak pada kenyamanan dan keselamatan di jalan. Tetapi juga memberikan pengaruh terhadap konsumsi bahan bakar dari kendaraan itu sendiri.

Cara yang akan membuat kendaraan mejadi irit bahan bakar tentunya ada alasan tersendiri, yaitu karena selalu mengantisipasi terhadap apapun yang mungkin akan terjadi pada kedepannya, mengetahui adanya alasan tersebut akan membuat banyak orang tidak berkendara secara ugal-ugalan, tidak banyak banyak bermain rem dan berkendara dengan flat dan smooth.

Training Defensive Driving Course

 

Perbedaan Defensive Driving Dan Safety Driving

Banyak orang yang mengetahui bahwa defensive driving dan safety driving yaitu hal yang sama. Padahal itu sangat berbeda apa berbedaanya, kita simak yuk?

Defensive Driving adalah perilaku mengemudi yang dapat membuat kita terhindar dari masalah dan resiko-resiko yang aka terjadi, baik yang orang lain sebabkan atau diri kita sendiri, defensive driving merupakan tentang bagaimana cara mengemudi dengan aman, benar, efisien serta bertanggung jawab.

Safety Driving adalah berkendara dengan ketrampilan dan pengalaman seseorang yang berdasarkan standar keselamatan dan cara berkendara yang aman, selamat dan benar, lalu dengan sikap yang positif dan kewaspadaan secara terus menerus saat berkendara, salah satu perusahaan training driver yaitu PT DUTA SUKSES TRAINING.

 

Apa Itu Training Defensive Driving?

Training Defensive Driving adalah pelatihan mengemudi yang berkonsep pada perilaku pengemudi atau sikap yang lebih mengedepankan kewaspadaan terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain, bagaimana bersikap pada kondisi jalanan yang selalu berubah-ubah, bagaimana mengantisipasi kesalahan dari pihak lain dan bagaimana mencegah resiko-resiko yang akan terjadi dalam mengemudi kendaraan dijalan raya yang merupakan area umum.

Pengemudi yang melakukan defensive driving akan lebih berpikir secara matang mengenai tindakan dan resiko yang akan driver ambil ketika berkendara. Pengemudi yang menerapkan defensive driving juga amat sangat lebih bertanggung jawab dan mawas diri, karena sangat memikirkan keamanan serta keselamatan terhadap diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga : Pelatihan Driver Skill & Safety Driving

 

Tujuan Program Defensive Driving

Setelah mengikuti pelatihan defensive driving kami harapkan peserta dapat:

  • Meningkatkan kemampuan peserta untuk lebih berpikir tentang mengemudi yang bersifat antisipatif setelah pelatihan.
  • Memahami bahaya-bahaya atau resiko yang berpotensi menimbulkan kecelakaan berkendara di jalan raya.
  • Mengetahui informasi terbaru tentang teknologi dan tren keselamatan terbaru.
  • Memahami tindakan cepat tanggap di dalam situasi emergency.

Pelatihan Sopir Perusahaan, Training Driver Kantor

Materi Pelatihan Defensive Driving

Seperti yang telah kita ketahui, Materi Pelatihan Driver yang ada di berbagai lembaga pelatihan berbeda-beda. Adapun isi materi training dari DutaSukses sebagai berikut :

  1. Mengetahui peraturan dan sanksi pelanggaran lalu-lintas.
  2. Sebab-sebab terjadinya kecelakaan lalu-lintas.
  3. Persiapan untuk berkendara.
  4. Penempatan yang benar saat berkendara di jalan raya.
  5. Komunikasi di jalan raya.
  6. Teknik maju mundur kan kendaran yang baik dan benar.
  7. Sopan Santun pengemudi (naik-turunkan penumpang, kapan tidak boleh mengemudi, Kebiasaan buruk dalam mengemudi dll).
  8. Cara berkendara Di Jalan Tol.
  9. Praktek mengendara di jalan raya syarat harus sudah memiliki sim A.

 

Alasan Memilih Training Defensive Driving di DutaSukses

Banyak berbagai macam lembaga yang menawarkan Training Defensive Driving untuk perusahaan baik untuk umum yang online maupun offline, dan pastinya setiap perusahaan memiliki keunggulan tersendir. Seperti halnya dutasukses.com, anda dapat mempertimbangkan untuk memilih jasa kami dalam merencanakan perjalanan yang anda tujuh dengan nyaman dan tanpa rasa bosan.

  1. Mengajari cara menjadi driver yang berpengalaman dan profesional di dalam bidangnya
  2. Materi yang akan trainer ajarkan lengkap, dan bisa menyesuaikan kebutuhan perusahaan
  3. Biaya Pelatihan Driver yang terjangkau dan negosiable.
  4. Siap melayani Training di Lokasi bisa di Perusahaan, rumah Klien
  5. Terdapat Paket biaya hemat untuk Klien yang berlangganan
  6. Melayani Pelatihan Defensive Driving Online atau Offline di Lokasi Klien.
  7. Terdapat diskon yang menarik tentunya

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi WA berikut 0822-6686-5959

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *