Pelatihan Soft Skill & Motivasi

Hubungi 0822-6686-5959 untuk konsultasi dan booking jadwal Inhouse Training & Pelatihan Soft Skill & Motivasi di Indonesia.

Pelatihan Soft Skill & Motivasi – Seperti yang kita ketahui Soft Skill dan Hard Skill merupakan sebuah paket penting dalam dunia kerja. Mungkin sudah banyak dari kita mengetahui apa itu Soft Skill, namun tidak banyak juga dari kita yang hanya memahami secara sekilas. Seperti pengertiannya, cara mengembangkannya, dan seterusnya.

Soft Skill adalah salah satu kemampuan penting yang harus ditingkatkan di dalam kehidupan sehari-hari ataupun di dunia kerja. Soft Skill ini lebih mengarah kepada kemampuan anda dalam berkomunikasi, beradaptasi, dan juga karakteristik seseorang.

Berbeda dengan Hard Skill yang dipelajari dan dilatih, kemampuan ini lebih condong ke emosi dan wawasan dalam memperlakukan orang lain. Soft Skill juga merupakan hal yang tidak bisa diukur dan tidak ada wujudnya.

Tetapi meskipun anda sudah menguasai kemampuan Hard Skill dan Soft Skill, anda juga membutuhkan motivasi kerja. Mengapa? Karena setiap perkerjaan yang sedang dikerjakan tanpa adanya motivasi di dalamnya akan membuat hal itu sia sia. Anda akan gampang menyerah dengan apa yang sedang anda kerjakan. Oleh karena itu saya akan menjelaskan dua hal tadi di dalam artikel ini, mari kita semak.

 

Apa Itu Soft Skill ?

Soft Skill ini merupakan kemampuan yang tidak jauh berbeda dari bakat, tetapi dalam bentuk yang berbeda. Atau dalam kata lain Soft Skill merupakan kemampuan non teknis pada diri seseorang yang telahir secara alami dan sangat penting dimiliki sebelum masuk kedalam dunia kerja. Kemampuan ini lebih mengarah pada emosi dan wawasan dalam memperlakukan orang lain.

Untuk mengembangkan Soft Skill bukanlah hal yang susah, bahkan saat anda masih berada di bangku perkuliahan sudah bisa untuk mengembangkannya.

 

Perbedaan Hard Skill & Soft Skill

Hard skill merupakan kemampuan yang lebih mengarah ke bidang pekerjaan atau Pendidikan yang bisa diukur, sedangkan Soft Skill itu kemampuan berkomunikasi, karakteristik, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Jadi kesimpulannya Hard Skill bisa diukur Sedangkan Soft Skill tidak.

 

Contoh-Contoh Soft Skill

Setelah pengertian tidak lengkap tanpa memberikan contoh-contohnya, berikut beberapa contoh-contoh Soft Skill :

  • Komunikasi

Komunikasi ialah kemampuan yang wajib dimiliki manusia agar bisa berinteraksi dengan orang lain. Dan komunikasi juga sangat di butuhkan untuk setiap pekerjaan yang anda lakukan.

  • Problem Solving

Problem Solving memiliki arti penyelesaian atau pemecahan masalah. Kemampuan ini sangat penting, karena dengan kemampuan ini kita bisa menyelesaikan masalah dengan cepat.

  • Kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan kemampuan seseorang dalam memimpin seuatu oraganisasi atau tim.

  • Adaptasi

Adaptasi ialah seberapa cepat diri anda dapat menyesuaikan dengan lingkungan yang baru. Kemampuan ini sangat dibutuhkan di dunia industry atau tempat kerja agar anda bisa merasa nyaman dengan kerjaan yang sedang dikerjakan.

  • Etika Kerja

Etika kerja juga dapat diartikan sopan santun, jika anda memiliki sikap sopan dan santun pasti anda akan disegani oleh orang banyak.

 

Apa Itu Motivasi Kerja ?

Setelah Soft Skill, sekarang saya akan menjelaskan tentang motivasi kerja. Apa itu motivasi kerja? Motivasi Kerja bisa diartikan dengan kemauan seseorang dalam bekerja yang timbul karena adanya dorongan dari dalam diri mereka, dari pengaruh lingkungan fisik dan sosial dimana kekuatannya tergantung daripada proses pengintegrasian tersebut.

Menurut Ernest J McCormick motivasi kerja adalah kondisi yang berpengaruh dalam membangkitkan dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja.

Dari dua pengertian tersebut saya menyimpulkan bahwa motivasi kerja merupakan sesesuatu yang mendorong seseorang untuk melakukan pekerjaan atau sesuatu yang lain.

 

Indikator Motivasi Kerja

Indikator adalah ciri-ciri atau karakteristik suatu hal, jadi indikator motivasi kerja adalah contoh-contoh motivasi kerja. Berikut beberapa indikator motivasi kerja :

1. Daya Pendorong

Daya Pendorong merupakan suatu dorongan untuk menggerakkan seseorang dalam berperilaku untuk mencapai tujuan, atau biasa kita sebut dengan naluri.

2. Kemauan

Kemauan merupakan suautu dorongan yang berasa dari dalam diri sendiri, atau juga bisa di pengaruhi oleh orang lain untuk melakukan suatu pekerjaan.

3. Kerelaan

Kerelaan merupakan sebuah sikap mengabulkan permintaan atau sebuah pekerjaan tanpa merasa adanya keterpaksaan, bisa kita sebut juga dengan ikhlas.

4. Membentuk Keahlian

Membentuk keahlian ialah proses menciptakan dan mengembangkan sebuah keahlian seseorang dalam bidang tertentu.

5. Keterampilan

Keterampilan merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan atau pekerjaan yang kompleks dan tersusun rapi secara mulus yang bertujuan untuk mencapai hasil tertentu.

6. Tanggung Jawab

Tanggung Jawab merupakan sebuah hak atau kewajiban seseorang dalam menanggung semua akibat dari pelaksanaan peran.

7. Tujuan

Tujuan adalah kenyataan tentang keadaan yang perusahaan atau orang itu ingin mencapai dan bermaksud untuk mewujudkannya.

8. Kewajiban

Kewajiban adalah suatu pekerjaan atau hal lain yang harus dikerjakan atau dilaksanakan kepada orang yang di bebani itu.

 

Tujuan Pelatihan Soft Skill & Motivasi

Setiap pekerjaan atau suatu hal yang sedang dilakukan pasti memiliki tujuan, pelatihan ini sendiri memiliki tujuan agar dapat memudahkan seorang karyawan untuk beradaptasi dan berkomunikasi dengan baik, menciptakan SDM yang unggul dan professional.

 

Manfaat Diadakan Pelatihan Soft Skill & Motivasi

Pelatihan soft skill dan motivasi ini memiliki manfaat agar para karyawan dapat menjalin Kerjasama, berkomunikasi dengan baik, dan merasa nyaman di lingkungan kerja. Tidak hanya itu, pelatihan ini juga meningkatkan rasa inisiatif dan semangat bekerja seorang karyawan. Dengan tercapainya semua itu akan terciptalah SDM yang unggul dan Profesional.

 

Lembaga Pelatihan Soft Skill & Motivasi

Soft Skiil & Motivasi Kerja sangatlah penting di dalam dunia kerja, jadi kita harus mengembangkannya. Namun, jika kita belajar dengan sendiri itu tidak akan bisa memaksimalkan ilmu yang kita pelajari.  Untuk mewujudkan hasil yang maksimal, anda bisa memanggil lembaga pelatihan untuk melatih anda atau karyawan anda.

Salah satu lembaga pelatihan yang sudah berpengalaman dan professional adalah PT. Duta Sukses Training (DutaSukses), DutaSukses merupakan provider training dan sertifikasi secara offline maupun online, Dutasukses telah berpengalaman lebih dari 5 tahun.

Salah satu layanan pelatihan yang telah DutaSukses sediakan ialah Pelatihan Soft Skill dan Motivasi SDM perkantoran, umum sampai pelajar.

Dengan trainer dan motivator terbaik, profesional, dan materi komplit siap memberikan layanan pelatihan di lokasi Anda.

 

Kelebihan Dutasukses Training

Selain sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun, Duta Sukses masih memiliki kelebihan lainnya. Contohnya sebagai berikut :

  • Para Trainer dari dutasukses sudah berpengalaman dan professional.
  • 150+ Inhouse & Outbound Training yang sudah terlaksanakan.
  • 50+ perusahaan, instansi dan rumah sakit sudah mempercayai DUTASUKSES sebagai provider training mereka.
  • Bisa melayani ke seluruh wilayah Indonesia dan juga bisa melayani di luar negeri.
  • Waktu pelatihan bisa 1 atau 2 hari.
  • Metode pelatihan SERSAN (Serius Santai), dan sangat menghibur
  • Lebih banyak praktek daripada materi, 30% Materi & 70%
  • Bisa request materi sesuai kebutuhan perusahaan anda.
  • Dan masih banyak lagi.

Jika anda berminat untuk memesan paket training, anda bisa langsung menghubungi kontak di bawah ini :

 

KONTAK KAMI

Telp/Wa : 0822-6686-5959

Website : dutasukses.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *